Cara Riset Keyword Secara Akurat

Cara Riset Keyword Dengan Mudah | Meriset keyword atau kata kunci yang paling tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keyword (kata kunci) untuk sebuah website yang dilihat dari segi SEO merupakan hal yang sangat perlu dilakukan.

Jika kalian memilih keyword (kata kunci) yang salah bisa berakibat pada blog yang sepi, hal ini yang membuat kalian malas untuk update blog. Dengan melakukan riset keyword (kata kunci) bisa mengukur berapa besar trafik dari search engine google akan kita dapatkan dari melakukan riset keyword (kata kunci) yang sudah kita optimasi.
Riset Keyword? atau lebih tepatnya meriset kata kunci merupakan hal yang sangat diharuskan dalam strategi SEO atau mengoptimalkan mesin pencari. kalian mungkin saja bisa mendapatkan banyak pengunjun dengan tidak melakukan riset keyword namun tentunya masih belum maksimal.

Meriset keyword adalah mencari kata kunci yang paling banyak dicari seseorang di mesin pencari google sesuai dengan apa yang ingin kalian update di blog.

Jenis-jenis Keyword
Alangkah baiknya kalian mempelajari terlebih dahulu mengenai jenis-jenis keyword karena dalam SEO banyak sekali jenis keyword yang digunakan
Jenis-jenis keyword yang umum dipakai :

  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman

itu dia 4 jenis keyword yang paling umum digunakan dan juga paling mudah untuk dipelajari dalam segi SEO. untuk yang belum jelas mengenai jenis jenis keyword diatas bisa melihat penjelasan secara lengkap dibawah :

Short tail keyword
Short tail keyword atau kata kunci pendek adalah kata kunci yang hanya berisikan 1 sampai 2 kata saja, misal :

  • Mobil
  • Mobil baru
  • Mobil sport
  • Mobil keren

Contoh short tail keyword diatas merupakan yang paling sulit untuk menduduki tingkat pertama pada mesin pencari karena memiliki persaingan yang sangat tinggi dan bersaing dengan para pakar seo terkemuka, kecuali jika kalian sudah memiliki ilmu SEO segudang.

Long tail keyword
Untuk keyword yang satu ini merupakan versi panjang dari short tail keyword, contoh :

  • Daftar Mobil Terbaru
  • Mobil Paling Keren di Indonesia
  • Mobil tercepat di dunia
  • dll

Mungkin untuk long tail keyword sobat bisa mengoptimalkan agar bisa menjadikan blognya di halaman pertama google, karena tingkat persaingan pada long tail keyword lebih rendah ketimbang short tail keyword.

Namun pada long tail keyword, trafik yang didapatkan tidaklah sebanyak short tail keyword. Selain itu kalian akan sulit menemukan long tail keyword yang sangat bagus.

Keyword Abadi
Dari segi nama saja mungkin kalian sudah tahu apa itu keyword abadi, Keyword abadi merupakan keyword yang tidak lekang ditelan oleh zaman. Semua orang pasti akan mencari keyword itu tidak secara musiman. Contoh :

"Cara mengobati sakit perut"

keyword (kata kunci) diatas termasuk kedalam jenis keyword abadi karena semua orang pasti akan merasakan sakit perut.

Keyword Musiman
Keyword yang satu ini merupakan keyword kebalikan dengan keyword abadi, keyword musiman merupakan keyword yang bersifat hanya populer sesaat. contoh keyword musiman berikut ini :

"Hasil Pertandingan Manchester United Vs Manchester City"

nahh keyword diatas merupakan keyword musiman karena keyword yang digunakan merupakan dari hasil pertandingan kemarin. mungkin sudah paham yang saya maksudkan.

Lekas Bagaimana Cara Meriset Keyword?
untuk melakukan riset keyword atau kata kunci kita bisa menggunakan tool secara gratis dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Planner & Ubersuggest. Tool ini merupakan buatan google dimana kita bisa meriset nya secara gratis dan keyword yang kita riset jitu paling banyak dicari orang.

Untuk langkah-langkah menggunakan tool gratis diatas bisa mengikuti dibawah ini :

1. Mencari Inti Keyword
Untuk inti keyword sendiri sesuakan pada tema blog kalian. Inti keyword ini merupakan salah satu cara untuk menemukan keyword-keyword yang lainnya atau disebut juga keyword turunan.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Blog

Biasanya mencari inti keyword bisa berasal dari insting pada diri kalian sendiri, dan menaruh inti keyword tersebut pada tool Ubersuggest untuk mencari keyword turunan dari inti keyword tersebut.

Jika blog kalian membahas tentang dunia kesehatan, maka bisa dipastikan inti keyword nya seperti dibawah ini :

  • Jantung
  • Ginjal
  • Tulang
  • Hati
  • dll
2. Mencari Long tail keyword 
Apabila sudah menemukan inti keyword, langkah berikut nya ialah mencari long tail keyword dari inti keyword tersebut. Cara menemukan long tail keyword bisa cek dibawah :

- Langsung saja menuju ke Ubersuggest.io
- Masukkan kata kunci yang sekiranya berhubungan dengan blog kalian.
- Jika keyword sudah muncul, kemudian klik View as text kemudian Copy dan pastekan di komputer da simpan dalam bentuk .txt

3. Menganalisa Jumlah Pencarian Keyword
Langkah berikutnya ialah menganalisa keyword-keyword yang sudah kita dapatkan di ubersuggest.
untuk hal itu kita memerlukan tool yang sudah ada di google yakni, Google AdWords Keyword Planner.

Tutorialnya :

- Pilih Get Search volume data and trends
- Upload file keyword yang sudah kita simpan tadi
- Kemudian klik tombol Get search volume
- Jika sudah muncul langkah selanjutnya yakni Download Keyword tersebut
- Pilih format .CSV kemudian Download

4. Menganalisis Tingkat Persaingan Keyword
Hal yang satu ini merupakan yang sangat penting untuk meriset keyword yang ingin kita update di blog kita, yakni menganalisis tingkat persaingan keyword tersebut. Untuk menganalisis persaingan bisa dilakukan secara manual. Kenapa tidak di google adwords keyword planner saja?

Perlu diketahui, data persaingan yang ada di google keyword planner adalah persaingan pengiklan bukan dari pencarian google.

Beberapa tips supaya persaingan sedikit namun keyword yang kita gunakan banyak dicari orang :
  • Jangan pernah menggunakan keyword yang tingkat persaingannya mencapai satu juta lebih
  • Jangan pilih keyword yang sudah dikuasai web-web besar, contohnya : wikipedia
  • Jangan pilih keyword yang sudah dikuasai web-web yang pagerank diatas 5
  • Jangan pilih keyword yang sudah dikuasai web-web yang page authority dan domain authority diatas 50 (untuk mengecek gunakan ekstensi Mozbar)
Demikianlah cara riset keyword (kata kunci) dengan google adwords keyword planner & ubersuggest hal ini merupakan salah satu cara riset kata kunci yang sering saya gunakan untuk blog saya. Riset Keyword (kata kunci) bukanlah jaminan bahwa blog yang kalian kelola bisa mencapai hasil maksimal, menduduki serp terbaik di google. (Sumber ide : sugeng.id & maxmanroe.com)

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara Riset Keyword Secara Akurat"

Unknown said...

Sip gan xD

Anonymous said...

ada tools lain ga nih?

Unknown said...

Thanks gan infonya

XXXXX said...

mantap bener gan sukses teruss dah :)
btw gw udah nyoba langsung naek visitor gw :)

Muhammad Ihsan Tanjung said...

Wew, langsung di halaman pertama :D

Admin said...

aku kalau riset keyword sukanya cari yang panjang :V

Unknown said...

thanks gan tutornya :D

Post a Comment